Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudahnya Cara Mendaftar Kartu Prakerja Dari Handphone, Laptop, Atau Komputer

Mudahnya Cara Mendaftar Kartu Prakerja Dengan Handphone, Laptop, Atau Komputer

Kartu Prakerja adalah program pemerintah Republik Indonesia dalam upaya memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan keterampilan melalui berbagai macam pelatihan yang diminati. Untuk mendaftar Kartu Prakerja memang terlihat sulit, namun dengan rajin membaca dan mencari informasi, mungkin kesulitan itu dapat dengan mudah kamu atasi.

Mendaftar Kartu Prakerja adalah cara mudah menambah skill kamu agar lebih baik dan terampil di dunia kerja nantinya. Bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja? Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

  1. Siapkan nomor Kartu Keluarga, NIK, Email, dan nomor telepon kamu.
  2. Buka www.dashboard.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer. Lalu klik Daftarkan Dirimu.
  3. Masukkan Email dan Password untuk login ke akun Kartu Prakerja.
  4. Periksa inbox pada Email kamu, lalu klik tautan Verifikasi yang dikirimkan oleh Kartu Prakerja.
  5. Setelah melakukan verifikasi, kamu akan diminta kembali ke halaman login Kartu Prakerja. Di sini kamu hanya perlu mengisi Email dan Password seperti yang kamu buat tadi.
  6. Masukkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga, kemudian klik tombol biru atau lanjut. Jika kamu menemukan kendala Nomor KTP Sudah Terdaftar, baca artikel Solusi Nomor KTP Sudah Terdaftar Saat Memasukkan NIK Di Kartu Prakerja.
  7. Masukkan data diri kamu seperti Nama, Tanggal Lahir, Alamat, Nama Ibu Kandung, Minat, Pendidikan Terakhir, informasi lainnya yang diminta. Lalu klik tombol biru atau lanjut.
  8. Masukkan Nomor Telepon yang aktif dan dapat menerima SMS. Klik Kirim.
  9. Periksa Kotak Masuk SMS pada perangkat telepon kamu. Cari SMS yang dikirimkan oleh Kartu Prakerja berisi 6 angka kode OTP Kartu Prakerja. Masukkan kode tersebut pada layar pendaftaran Kartu Prakerja. Kemudian Klik OK untuk melanjutkan.
  10. Pada tahap ini, kamu siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti paling banyak 27 Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja secara online.
  11. Setelah menyelesaikan Tes, kamu akan diarahkan ke dashboard.
  12. Selanjutnya Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka. Apabila tidak tersedia, kamu hanya perlu rutin mengecek pada hari-hari berikutnya hingga pembukaan gelombang baru Kartu Prakerja.
  13. Setelah kamu masuk gelombang Kartu Prakerja, nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS, Email, atau di dasbor Kartu Prakerja.

Seperti diketahui, di tahun 2022 ini pemerintah menargetkan untuk memberikan program Kartu Prakerja kepada 5,91 juta orang. Peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Perinciannya, peserta akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp. 1.000.0000, insentif Kartu Prakerja sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp. 50.000 untuk tiga kali pengisisan survey Kartu Prakerja. Tentunya manfaat ini akan diperoleh saat kamu dinyatakan lolos gelombang setelah kamu mendaftar Kartu Prakerja.

Jika kamu telah mendaftar Kartu Prakerja namun tidak bisa login masuk ke akun, silahkan baca artikel berjudul Cara Mengganti Password Akun Prakerja.

Posting Komentar untuk "Mudahnya Cara Mendaftar Kartu Prakerja Dari Handphone, Laptop, Atau Komputer"