Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Prakerja Tahun 2023, Cara Daftar dan Besaran Insentifnya

Kartu Prakerja Tahun 2023, Cara Daftar dan Besaran Insentifnya

Kartu Prakerja Tahun 2023 - Mungkin sebagian dari kamu para fresh graduate belum paham tentang program Kartu Prakerja. Kartu ini penting, terutama bagi orang yang sedang berusaha mencari kerja. Program Kartu Prakerja juga diberikan kepada karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Di jaman sekarang beberapa orang punya kondisi sulit mencari kerja. Terlebih lagi dunia sedang mengalami resesi setelah dilanda pandemic Covid-19 dan perkara lain. Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami hal tersebut melalui Kartu Prakerja.

Diharapkan dengan pemberian program ini, para karyawan dapat terus mengembangkan kompetensinya yang berhubungan dengan dunia kerja. Selain itu, Pemerintah juga berharap agar para tenaga kerja tetap dapat terus bersaing demi meningkatkan produktivitasnya.

Definisi Program Kartu Prakerja Tahun 2023

Kamu sudah memahami sekilas mengenai program dari Pemerintah ini. Dapat dikatakan orang-orang yang memang berhak mendapatkan insentif akan diberikan oleh Pemerintah sehingga bisa terus mengembangkan kompetensinya. 

Namun perlu dipahami kalau pemberian insentif hanya berlaku sekali saja seumur hidup kepada kandidat yang berhak. Tidak ada cerita ada kandidat yang sama mendapatkan bantuan berkali-kali. Jadi orang-orang yang mendapatkannya perlu menggunakan kesempatan sebaik mungkin agar punya pendapatan sesegera mungkin.

Hanya saja kamu juga harus memahami kalau program ini tidak ditujukan untuk menggaji pengangguran. Hanya berperan sebagai bantuan biaya pelatihan saja supaya kemampuan kandidat yang masuk kategori dapat meningkat.

Tak sembarang kandidat yang bisa masuk kriteria programnya. Setidaknya orang tersebut harus berusia 18 tahun dahulu. Dengan kata lain mereka harus punya KTP. 

Dilarang juga diberikan kepada orang-orang yang tengah bersekolah maupun berkuliah. Dapat kamu simpulkan bahwa salah satu kriteria yang masuk dalam daftarnya adalah pengangguran muda alias orang-orang fresh graduate.

Kemudian orang-orang yang boleh menerima bantuan ini dapat berupa karyawan yang mengalami PHK. Lalu bantuan yang diberikan juga tidak dalam bentuk uang tunai. Bantuan diberikan dalam bentuk non-tunai, seperti pelatihan. 

Orang yang memperoleh bantuan akan bisa mengikuti beberapa pelatihan. Proses pemberian pelatihan juga tidak dapat dipindahtangankan. Contoh si A memperoleh bantuan dari program ini, maka si A tidak dapat memberikan jatah bantuan kepada si B.

Penting juga kamu ketahui bahwa jumlah orang yang boleh mendapatkan program hanya 2 jutaan orang pada tahun 2020. Tentu saja jumlah tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan ketentuan dari Pemerintah. Siapapun yang hendak mendaftar program tersebut disarankan untuk mencari tahu kuota terlebih dahulu.

Bahkan orang-orang yang akan diberikan bantuan juga tidak sembarang orang. Mereka harus melalui rangkaian tes dahulu. Hanya orang-orang yang berhasil lolos tes yang akan diberikan bantuan.

Cara Daftar Kartu Prakerja Tahun 2023

Sebelum kamu mulai untuk mengikuti cara daftar, alangkah baiknya kamu tahu dulu sejumlah persyaratannya. Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi dapat simak berikut.

  • WNI yang telah berusia 18 tahun ke atas sehingga punya KTP.
  • Tidak sedang mengikuti program Pendidikan formal apapun.
  • Ada dalam kondisi sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, dan pelaku usaha kecil.
  • Tidak termasuk dalam Pejabat Negara, ASN, Prajurit TNI, Anggota DPRD, Kepala Desa dan perangkatnya, serta Direksi di BUMN dan BUMD.
  • Maksimal 2 NIK yang memperoleh bantuan Kartu Prakerja dalam 1 KK.

Pastikan kamu sudah memenuhi keseluruhan proses tersebut. Jika sudah memenuhinya maka kamu bisa melanjutkan langkah untuk mendaftar. Langsung simak saja langkah untuk mendaftarnya di bawah ini:

  • Ketik alamat website dashboard.prakerja.go.id/datfar
  • Isikan dengan nama lengkap, email, dan juga kata sandi. 
  • Jika sudah selesai maka kamu bisa klik tombol Daftar.
  • Kemudian kamu harus menyelesaikan verifikasi melalui email.
  • Buka notifikasi yang masuk ke email dan berisikan verifikasi.
  • Apabila sudah terverifikasi, maka kamu juga perlu masuk login kembali ke dalam website prakerja.
  • Isikan dengan alamat email dan juga password yang sudah dipakai mendaftar sebelumnya.
  • Setelah itu, kamu klik di bagian dashboard.
  • Tunggu sebentar sampai muncul laman yang sesuai. 
  • Dilanjutkan dengan melakukan verifikasi terhadap KK dan KTP. 
  • Kamu juga bisa mulai melengkapi data diri yang diminta.
  • Masukkan juga foto KTP sekaligus swafoto ke dalam akun kamu tersebut.
  • Lakukan verifikasi nomor telepon. 
  • Jika sudah selesai dalam melakukan verifikasi kontak, kamu dapat pilih tombol berbunyi Kirim.
  • Lakukan deklarasi survei dan petunjuk yang ada.
  • Apabila sudah selesai pada tahan deklarasi survey, kamu harus mengikuti keseluruhan tes motivasi dan kemampuan dasar yang diadakan. 
  • Kamu yang berhasil lolos dalam tes tersebut dapat mulai untuk menjalani seleksi gelombang sambil mengikuti hasil pengumuman.

Hanya peserta yang lolos di keseluruhan tes yang akan diberikan bantuan program Kartu Prakerja. Setiap kandidat juga diharuskan mempersiapkan diri sebaik mungkin karena memang hanya yang memenuhi syarat kemampuan yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

Selama proses pendaftaran, seluruh peserta kandidat sebaiknya membaca arahan dengan seksama. Sering-sering juga buka akun dari laman prakerja.go.id agar dapat mengetahui kamu berhasil lolos atau tidak. 

Hanya kandidat yang lolos saja yang namanya tercantum ke dalam hasil pengumuman. Apabila nama kamu belum berhasil pada suatu gelombang, dapat terus mencoba di gelombang berikutnya sambil berusaha mencari kerja.

Tidak masalah juga bila kamu berkeinginan untuk membuka usaha kecil-kecilan. Guna menekan biaya buka usaha, kamu dapat mencoba berjualan melalui online. Jadi tidak perlu keluar uang untuk menyewa ruko terlebih dahulu.  

Besaran Insentif Kartu Prakerja Tahun 2023

Lalu berapa besar insentif yang diberikan kepada para kandidat Kartu Prakerja? Kita akan mengulas dari beberapa gelombang yang pernah ada di tahun sebelumnya. Pada gelombang 45, masing-masing kandidat dari program ini akan diberikan pelatihan dengan total uang Rp 3,55 juta.

Detail untuk insentif yang diberikan adalah Rp 1 jutaan dalam bentuk pelatihan. Kemudian akan diberikan 2 jenis insentif berupa biaya untuk cari kerja yang besarnya Rp 600.000 per bulan hingga 4 bulan. Dilanjutkan dengan peserta harus mengisi survei yang akan diberikan Rp 50.000 per survey. 

Total dari survey yang harus diselesaikan adalah Rp 150.000. Pemberian dana untuk gelombang 47 yang juga dilaksanakan pada tahun 2022 juga memiliki jumlah insentif yang sama dengan gelombang 45. 

Kita akan beralih untuk melihat besaran insentif yang diberikan Pemerintah untuk setiap kandidat Program Kartu Prakerja tahun 2023. Pada tahun ini, telah dilakukan penyesuaian ulang sehingga masing-masing orang akan memperoleh Rp 4,2 juta dalam bentuk non-tunai.

Setidaknya Rp 3,5 juta akan diberikan kepada orang-orang dalam bentuk pelatihan. Kemudian untuk pasca pelatihan akan diberikan Rp 600.000. Lalu untuk Rp 100.000 akan diberikan setiap kali kandidat mengisi survey. 

Pemerintah sangat berharap dengan pemberian dana pelatihan yang semakin besar dapat membantu para tenaga kerja Indonesia menjadi lebih survive. Pemerintah juga berharap agar lebih banyak lagi masyarakatnya yang membuka lapangan pekerjaan sebagai wirausahawan.

Posting Komentar untuk "Kartu Prakerja Tahun 2023, Cara Daftar dan Besaran Insentifnya"